Selamat Datang Di Sistem Informasi Desa Sukamanah Kecamatan Pangalengan | Pelayanan Kantor Desa Hari Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 s.d 15.30 WIB | Datang Ke Kantor Desa Sukamanah Kecamatan Pangalengan, Pastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda terdaftar di Sistem Informasi Desa. Selamat Datang Di Sistem Informasi Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan | Pelayanan Kantor Desa Hari Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 s.d 15.30 WIB | Datang Ke Kantor Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan, Pastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda terdaftar di Sistem Informasi Desa.

Artikel

Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Alam Desa Margaluyu (Nugget Labu, Chocolate Lemon dan Masker Kentang

29 Agustus 2022 05:59:20  Administrator  64 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Margaluyu memiliki banyak sekali potensi alam yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai sumber peningkatan ekonomi untuk masyarakat. Salah satu hasil potensi alam yang sangat menonjol yaitu diantaranya adalah hasil pertanian seperti Labu Siam, Kentang, Daun Teh dan Lemon.

Tentu saja hasil panen tersebut memiliki banyak sekali variasi dalam pengolahannya. Namun tidak semua orang dapat paham dan mengerti bagaimana atau seperti apa bahan alam tersebut dapat diolah menjadi suatu produk yang bermanfaat dan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Sosialisasi pemanfaatan potensi alam desa Margaluyu dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan bahwa dari bahan alam yang diperoleh oleh masyarakat, dapat diolah dan dijadikan sebagai bahan pangan kreatif atau bahkan kosmetik.

Selama 2 minggu dari mulai tanggal 1 Agustus 2022. Mahasiswa KKNM Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia melakukan sosialisasi mengenai pemanfaatan bahan alam tersebut. Adapun sosialisasi ini dilakukan dengan mengikuti jadwal pengajian di masjid yang berada di Dusun 2 Desa Margaluyu. Beberapa masjid yang telah dilakukan sosialisasi diantaranya masjid Al-Ikhlas, masjid Al-Karomah dan masjid Nurul Iman.

Sosialisasi dilakukan dengan menyampaikan bagaimana cara membuat, menngemas dan memperkenalkan manfaat apa saja yang diperoleh dari produk tersebut. Adapun demonstrasi yang tidak bisa dilakukan dikarenakan sosialisasi dilakukan di masjid, maka di awal kegiatan ada pemberian brosur yang berisikan tutorial atau cara membuat produk tersebut, dan diakhir kegiatan terdapat pembagian produk gratis diantaranya masker wajah dari kentang, nugget labu siam, dan chocolate lemon.

Masker wajah yang menggunakan bahan utama kentang dan bahan tambahan yang digunakan seperti serbuk green tea dan serbuk susu plan tawar. Dalam pembuatan produk ini kami membuat sekitar 150 pcs  masker wajah dari kentang yang akan dibagikan kepada masyarakat ketika sosialisasi.

Pada pelaksanaannya masyarakat sangat antusias dan bahkan beberapa diantaranya sangat terkesan ketika mengetahui bahwa bahan alam yang diperoleh dapat dijadikan sebagaimana yang telah disosialisasikan.

Adanya sosialisasi pemanfaatan potensi alam ini, diharapkan kedepannya masyarakat desa Margaluyu dapat lebih kreatif dalam mengembangkan suatu hal sehingga dapat menjadi ladang usaha dalam meningkatkan ekonomi.

akses link berikut untuk melihat video pembuatan produk :

https://bit.ly/TutorialNuggetLabu

https://bit.ly/TutorialMaskerWajahKentang

https://bit.ly/CokelatLemon

Download Lampiran:
tutorial membuat produk

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:149
    Kemarin:38
    Total Pengunjung:9.790
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.201.68.86
    Browser:Tidak ditemukan