You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Margaluyu
Desa Margaluyu

Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Sosialisasi Cuci Tangan dan Sikat Gigi yang Baik dan Benar kepada Sekolah Dasar di Desa Margaluyu

Administrator 29 Agustus 2022 Dibaca 219 Kali
Sosialisasi Cuci Tangan dan Sikat Gigi yang Baik dan Benar kepada Sekolah Dasar di Desa Margaluyu

Cuci Tangan Bersih dan Sikat Gigi Ceria !

Dalam Rangka Mewujudkan Lingkungan yang sehat bersama Mahasiswa Kuliah Kerja  Nyata Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia di SDN Sukagalih , SDN 02 Pelita, SDN Sukaluyu Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan. Telah dilaksanakan Penyuluhan Cuci tangan dan sikat gigi yang baik  sebagai penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Sukagalih ,SDN 02 Pelita,SDN Sukaluyuh , Kp.Margaluyu Rt.002 Rw.005 Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikan oleh peserta didik dan guru atas dasar kesadaran. Dari hasil pembelajaran dan penyuluhan ini  diharapkan dengan mandirinya peserta didik dan sekitar sekolah mampu meningkatkan kesehatan, dan melakukan pencegahan penyakit, serta berperan aktif mewujudkan lingkungan sehat. 

Pada kenyataannya, kurangnya kesadaran dalam melakukan perilaku hidup bersih dan sehat terutama pada anak dapat  terlihat  dari  kebiasaan  anak  saat  memegang  benda  disekitarnya, tanpa  disadari terdapat  berbagai  kuman  ataupun  bakteri yang dapat  menimbulkan  penyakit  dan faktor lain yaitu dari kegemaran  anak-anak  untuk  membeli  makanan  diluar  dan  memakannya  tanpa  mencuci tangan  mereka  terlebih  dahulu.

Kegiatan ini kami lakukan agar anak terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari sendiri, seperti cuci tangan dan menggosok gigi, pada kegiatan ini kami mengajarkan bagaimana anak agar terbiasa dengan cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar. Kegiatan  pengabdian  kepada  siswa  di tiga SD berbeda yaitu SDN Sukagalih ,SDN 02 Pelita dan SDN Sukaluyu, pemberian  edukasi  melalui  video  menggunakan  animasi,  alat peraga berupa manekin gigi serta bahasa   yang   dapat   dipahami   oleh   siswa.

Senyuman hangat dari setiap siswa dalam kegiatan ini, membawa harapan besar bagi kami untuk kedepannya, semoga para siswa/i dari SDN Sukagalih, SDN 02 Pelita dan SDN Sukaluyu dapat menjadi penerus bangsa yang cerdas, sehat dan memiliki pola hidup yang baik

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image