You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Margaluyu
Desa Margaluyu

Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Alam Desa Margaluyu (Nugget Labu, Chocolate Lemon dan Masker Kentang

Administrator 29 Agustus 2022 Dibaca 160 Kali
Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Alam Desa Margaluyu (Nugget Labu, Chocolate Lemon dan Masker Kentang

Desa Margaluyu memiliki banyak sekali potensi alam yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai sumber peningkatan ekonomi untuk masyarakat. Salah satu hasil potensi alam yang sangat menonjol yaitu diantaranya adalah hasil pertanian seperti Labu Siam, Kentang, Daun Teh dan Lemon.

Tentu saja hasil panen tersebut memiliki banyak sekali variasi dalam pengolahannya. Namun tidak semua orang dapat paham dan mengerti bagaimana atau seperti apa bahan alam tersebut dapat diolah menjadi suatu produk yang bermanfaat dan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Sosialisasi pemanfaatan potensi alam desa Margaluyu dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan bahwa dari bahan alam yang diperoleh oleh masyarakat, dapat diolah dan dijadikan sebagai bahan pangan kreatif atau bahkan kosmetik.

Selama 2 minggu dari mulai tanggal 1 Agustus 2022. Mahasiswa KKNM Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia melakukan sosialisasi mengenai pemanfaatan bahan alam tersebut. Adapun sosialisasi ini dilakukan dengan mengikuti jadwal pengajian di masjid yang berada di Dusun 2 Desa Margaluyu. Beberapa masjid yang telah dilakukan sosialisasi diantaranya masjid Al-Ikhlas, masjid Al-Karomah dan masjid Nurul Iman.

Sosialisasi dilakukan dengan menyampaikan bagaimana cara membuat, menngemas dan memperkenalkan manfaat apa saja yang diperoleh dari produk tersebut. Adapun demonstrasi yang tidak bisa dilakukan dikarenakan sosialisasi dilakukan di masjid, maka di awal kegiatan ada pemberian brosur yang berisikan tutorial atau cara membuat produk tersebut, dan diakhir kegiatan terdapat pembagian produk gratis diantaranya masker wajah dari kentang, nugget labu siam, dan chocolate lemon.

Masker wajah yang menggunakan bahan utama kentang dan bahan tambahan yang digunakan seperti serbuk green tea dan serbuk susu plan tawar. Dalam pembuatan produk ini kami membuat sekitar 150 pcs  masker wajah dari kentang yang akan dibagikan kepada masyarakat ketika sosialisasi.

Pada pelaksanaannya masyarakat sangat antusias dan bahkan beberapa diantaranya sangat terkesan ketika mengetahui bahwa bahan alam yang diperoleh dapat dijadikan sebagaimana yang telah disosialisasikan.

Adanya sosialisasi pemanfaatan potensi alam ini, diharapkan kedepannya masyarakat desa Margaluyu dapat lebih kreatif dalam mengembangkan suatu hal sehingga dapat menjadi ladang usaha dalam meningkatkan ekonomi.

akses link berikut untuk melihat video pembuatan produk :

https://bit.ly/TutorialNuggetLabu

https://bit.ly/TutorialMaskerWajahKentang

https://bit.ly/CokelatLemon

Dokumen Lampiran

brosur-produk-(1).pdf
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image