You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Margaluyu
Desa Margaluyu

Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Peningkatan Infrastruktur Desa untuk Menunjang Percepatan Pembangunan Desa Margaluyu

Administrator 31 Agustus 2022 Dibaca 186 Kali
Peningkatan Infrastruktur Desa untuk Menunjang Percepatan Pembangunan Desa Margaluyu

Pembangunan desa dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Dalam perspektif desa membangun, desa dipandang sebagai paduan antara entitas masyarakat desa yang kuat dan pemerintah desa yang kuat. Oleh karenanya peran aktif masyarakat dalam seluruh proses pembangunan sangat penting. Dengan demikian desa membangun berarti desa mempunyai kemandirian dalam membangun dirinya (self development). 

Berdasarkan peninjauan lokasi, mahasiswa menyadari bahwasanya terdapat beberapa titik lokasi di Desa Margaluyu yang minim pencahayaan di malam hari. Dari permasalahan tersebut, Tim KKN PPM-UGM membuat program “Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum Solar Cell Panel” untuk Menunjang Penerangan Jalan Desa Margaluyu. Pemilihan Lampu Penerangan Jalan Umum menggunakan Solar Cell Panel bertujuan untuk mendukung program energi terbarukan yang ramah lingkungan. Solar Cell Panel dapat mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik, yang kemudian akan tersimpan dalam baterai. Dengan demikian, Lampu Penerangan Jalan Umum akan tetap menyala meskipun panel surya tidak menyerap energi matahari pada malam hari.

Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum Solar Cell berhasil dipasang pada  2 titik lokasi, tepatnya pada Kampung Cikole RW 11. Penentuan titik lokasi ditentukan berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat setempat dan perangkat desa sehingga didapatkan titik lokasi paling potensial untuk dipasang lampu PJU. Titik lokasi tersebut merupakan jalan yang sering dilalui oleh masyarakat setempat, namun kondisinya sangat minim pencahayaan terutama pada malam hari. Penerangan Jalan Umum di Kampung menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan aktivitas di malam hari, seperti anak-anak pulang dari masjid, perjalanan pulang atau menuju kampung lain, distribusi hasil kebun, dan lain sebagainya. Dengan adanya lampu penerangan jalan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam beraktivitas di malam hari serta dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai penggunaan energi terbarukan.

Program “Plangisasi Nama Kampung sebagai Petunjuk Arah di Desa Margaluyu”. Plang Nama Kampung tersebut diletakkan pada Dusun 2, tepatnya pada perempatan menuju Kampung Cikole, Kampung Cisaat, Kampung Cibadak, dan arah menuju Dusun 1. Dengan demikian, plangisasi berupa papan penunjuk arah tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menunjukan lokasi kampung di Desa Margaluyu khususnya bagi para warga pengunjung luar. Selain itu, dibuat juga Program “Revitalisasi Masjid Al-Ikhlas Desa Margaluyu” berupa kegiatan memperbaiki dengan mengecat kembali Masjid Al-Ikhlas. Tujuan kegiatan tersebut agar Masjid terlihat lebih rapi dan indah dengan warna yang lebih cerah. Tentunya dalam program-program ini turut serta melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Melalui program KKN-PPM UGM diharapkan dapat berkontribusi terhadap percepatan pembangunan desa secara optimal, dengan penekanan pada pendekatan desa membangun.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image