Selamat Datang Di Sistem Informasi Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan | Pelayanan Kantor Desa Hari Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 s.d 15.30 WIB | Datang Ke Kantor Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan, Pastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda terdaftar di Sistem Informasi Desa.

Artikel

Membangun Kualitas SDM Desa Margaluyu yang Berkualitas Melalui Pendidikan

01 September 2022 23:57:49  Administrator  185 Kali Dibaca  Berita Desa
Pendidikan merupakan proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing untuk mendorong pembangunan nasional dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Dengan semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Berdasarkan Buku Profil Desa Margaluyu Tahun 2021, tingkatan pendidikan sebagian besar warga Desa Margaluyu hanya pada tamatan Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan keterbatasan ekonomi orang tua yang menyebabkan anak tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Tim KKN-PPM UGM berupaya memberikan dan membantu dalam mendapatkan layanan pendidikan berkualitas bagi warga Desa Margaluyu demi mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan Desa Margaluyu yang lebih maju dan sejahtera. Hal ini sejalan dengan pencapaian SDGs Desa Keempat : Pendidikan Desa Berkualitas untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Program “Sosialisasi Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan” merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di SMP Negeri 3 Pangalengan dan SMA Negeri 1 Pangalengan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk masa depan. Hal ini dikarenakan pendidikan dapat berperan untuk membangun karakter individu yang lebih baik, mengetahui hal yang benar dan salah, menghadapi masalah dengan bijak, mengembangkan rasa percaya diri, dan masih banyak lagi. Hal paling penting ialah dengan pendidikan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk meneruskan masa depan bangsa. Dengan bekal pendidikan yang baik, masyarakat dapat berpikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi dalam kehidupan sehingga setiap individu mampu untuk menata masa depannya secara bijaksana.

Tidak hanya pada tingkat SMP dan SMA saja, motivasi belajar untuk melanjutkan pendidikan juga dihidupkan pada tingkat SD melalui Program “Pembimbingan Belajar Terhadap Anak SD Untuk Memotivasi Anak-Anak Dalam Belajar”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi semangat belajar siswa SD melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Kegiatan ini dilakukan pada SD Negeri Sukaluyu secara interaktif dengan membuat kolase berwawasan kebangsaan sekaligus menanamkan motivasi untuk terus belajar demi bangsa Indonesia yang lebih maju. Melalui program tersebut, diharapkan banyak siswa SD yang tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Program “Edukasi Literasi Digital Pada Siswa SMP dan SMA” merupakan program kolaborasi KKN-PPM UGM dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bertujuan untuk menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif di era serba digital masa kini. Dengan literasi digital diharapkan masyarakat terutama kalangan pelajar dapat menggunakan internet dengan cerdas dan positif agar tidak mudah termakan oleh isu-isu provokatif, hoax, atau penipuan yang berbasis digital. 

Selain itu, Tim KKN-PPM UGM juga menanamkan pendidikan pada jenjang PAUD melalui Program “JIKA AKU BESAR NANTI (Edukasi Macam-Macam Profesi Kepada Anak-Anak Paud)”. Program tersebut bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam profesi kepada anak-anak, supaya mereka lebih giat belajar kedepannya demi meraih cita-cita sesuai dengan minat dan bakatnya. Program tersebut juga disertai dengan kegiatan mewarnai sesuai profesi yang mereka cita-citakan. Dengan demikian, diharapkan adanya program-program tersebut dapat membantu dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Desa Margaluyu sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:216
    Kemarin:245
    Total Pengunjung:20.827
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.85.190
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel